Senin, 24 Desember 2018

Start Our Trip Surabaya to Jogja Part 1

Liburan adalah hal yang paling indah setelah berkutat dengan pekerjaan yang tak ada habisnya setiap hari. Perjalanan kami dimulai dari tanggal 8 November tepatnya sehari sebelum ulang tahun si Van. Pulang ke Surabaya setelah perjalanan pekerjaan kami dan turun di Bandara Internasional Juanda tentunya merupakan hal yang paling membahagiakan bagi kami.

Hal pertama yang kami lakukan di Surabaya adalah berkutat di tengahnya macet menuju Kencana Sari, komplex mewah di sebelah Mall Ciputra World Surabaya *bukan ini yang kita bahas, out of topic lagi kan...* buat ngambil smash cake Van yang udah gw pesan beberapa hari sebelumnya dari Instagram.
 Instagram Cakeocakesby
 Instagram Cakeocakesby

Nah untuk cake si Van gw mesennya di instagram Cakeocakesby (ini bukan promosi karena bukan endorse dan tidak berbayar ya guys), dan gw tau tentang penjual yang satu ini dari searching di instagram. Sebenarnya gw sedikit menyadari bahwa gw terlalu mepet untuk mesan cakenya, namun talent memang amazing ya guys, si sist yang gw whatsapp untuk mesan cake ini menyanggupi pesanan gw. Terjadilah persetujuan dan gw minta di jemput lebih awal dari hari ultah Van yang akan di lewati di Jogja. (Foto cake gw ambil dari yang di post oleh sist Cakeocakesby langsung karena foto yang kami ambil ada di hp si papi *celaka bener dah fotonya kocar kacir semua*)


Disela kemacetan gw udah wanti-wanti sama ade gw yang nyetir, nampak bakso berhenti ya,, jie-jie mau makan. Berhenti lah pas disebrangan ada gerobak bakso dan dia pun turun beli. Jujur saja, baksonya sih enak, tapi cabenya murah kali si bapak ya, sampe nuangnya astaga.. Dan ketika gw tiba di rumah orang buat ngambil cake, bibir gw jontor coy.. Akhirnya si pentol gw kasih nama PENTOL CABE warbyasahhhh...

Pentol Cabe
Pentol Cabe
Ngambil cake dan pulang ke Rumah, kita makan dulu masakan si Mama yang the best ever. Sambel udang pete dan ayam goreng mama yang dimasak penuh cinta. Walau jauh dari kata mewah, walau sederhana, sumpah masakan terenak di dunia itu masakan mama, udah gak bisa di debatin, udah gak bisa terganti lagi.

Masakan Mama
Masakan Mama

Selesai makan, sisa sayur kita sepakat minta untuk di bungkus. Dan trip menggunakan mobil berangkat menuju DKI Yogyakarta, kota yang diidamkan papi kami mulai.



Selama perjalanan tidak ada sesuatu yang heboh terjadi selain hujan yang juga membawa berkah ikut hadir dalam perjalanan kami, Van lebih banyak tidur, dan kami lebih sibuk menikmati jalanan yang ada, hingga tiba di Safa Homestay tempat kita menginap malam itu. 7 jam perjalanan, kaki pinggang berasa juga ya..

Sampai di Safa Homestay, tak lupa mengucap syukur, walau namanya HomeStay tapi ini lebih indah daripada sebuah hotel. Mirip seperti mini condo, kami memesannya lewat situs hotel terpercaya di Indonesia, foto yang ada pada situs tersebut benar-benar kami lihat dengan mata kepala kami. Dan disinilah ekspetasi dan realita adalah sama. Minimalis, rapi dan tentunya bersih adalah hal yang paling penting dari segala yang ada.

Safa Homestay
Safa Homestay
Penampakan Kamar Safa Homestay
Penampakan Kamar Safa Homestay
Kamar Mandi Safa Homestay
Kamar Mandi Safa Homestay



Turunin barang dari Mobil, menyelesaikan pembayaran, kita dapatnya Rp. 493.000,-/malam dan setelah itu kembali keluar mencari makan, dimana-mana makanan yang ada dilist itinerary kami coba kami samperin namun ternyata tutup *KECEWA PENONTON* dan berakhir dengan kami menapakkan kaki di Malioboro (icon dari kota pelajar ini). Disini nyari parkir susahnya kaya jomblo nyari pacar.
Malioboro Walking Street
Malioboro Walking Street
Malioboro Walking Street
Malioboro Walking Street
Malioboro Walking Street
Malioboro Walking Street
Malioboro Walking Street
Malioboro Walking Street
Kaki yang udah pegel dipaksa jalan, sampe jauh sambil jalan gak lupa sambil foto, meskipun kucel, foto aja udah pokoknya hati seneng, tapi gak ketemu juga makanan yang menggoda hati, teringat di itineraryku ada satu lesehan terkenal di Malioboro, tapi gak keliatan sampai di ujung, pucuk di cinta ulam pun tiba. Si kaki udah sakit, lesehannya nongol. "Lesehan Terang Bulan", kami duduk meleseh, mesan makanan, dan kabarnya burung dara disini itu paling enak.

Dan total membesarkan perut makan berlima sampe kenyang disini itu Rp. 232.000,- kenyang, puas, enak, dan gak mahal menurut saya. Bayangkan ber-5 udah sama kerupuk udah sama minum, makan sampe kenyang. Worth it lah menurut saya. Dan ini ada video penampakan makanannya.


Lesehan Terang Bulan Malioboro
Lesehan Terang Bulan Malioboro

Selesai makan, kembali ke homestay dan tepar tak berdaya, kalo di angkat buang ke laut gw rasa udah gak tau orang juga itu. Bangun di pagi buta, si papi dan van masih tepar tak berdaya.

Tepar Maksimal
Tepar Maksimal
Setelah selesai bersiap, berkemas, cake yang kami bawa dari Surabaya menuju Jogja dengan penuh perjuangan dikeluarkan karena hari ini tepatnya 9 November adalah hari lahir Van, anak tercintaku.

Van Birthday Cake
Van Birthday Cake
Van benar-benar merasa surprize karena dia tahu kita ada di jogja, dan gimana bisa mendadak muncul cake. Dari mana kah cake ini? Ahahahaa.. wish dan tiup lilin terjadi, ketika mesti nge-smash cakenya dia juga nampak senang lagi. Kita yang satu-persatu sibuk ciumin si Van, dan setelah itu makan cake yang di potel-potel.
Van Turn 8
Van Turn 8
Van Turn 8
Van Turn 8
Van Turn 8
Van Turn 8
Berleha sebentar di Safa Homestay

Tak lupa check out kita langsung membuka perjalanan pertama menuju ke Candi Prambanan. Dari awal ngomong mau ke Candi sebenarnya yang gw mikir ya cuma liat gitu aja sih gak bakal ada apa-apa gitu, trus pasti bosan,. tapi ternyata ketika udah jalan rasanya memang beda ya. Jangan men-judge sesuatu sebelum merasakannya sendiri kata-kata ini bener adanya.

Sampai di Prambanan, kita sempat foto dulu, pake tulisan Candi Prambanan biar orang tau nih udah ke candi *ngak ngakk... itu buat kenang-kenangan biar Van ntar gede ingat pernah menapakkan kaki ke Candi ini* kemudian ketemu loket untuk beli tiket masuknya.


Candi Prambanan Jogja
Candi Prambanan Jogja
Ada beberapa pilihan, dan kita ambil yang paket antara Prambanan dan Borobudur, karena pengelolanya adalah satu, dan kebetulan besok adalah jadwal kita ke Borobudur, maka kita ambil paketan antara Prambanan dan Borobudur. Satu tiket paket dewasa berharga Rp. 75.000,- dan untuk anak berharga Rp. 35.000,- total habis disini adalah Rp. 335.000,-

Loket Pembelian Tiket Candi Prambanan
Loket Pembelian Tiket Candi Prambanan

Masuk ke dalam, ngelihat jauhnya candi kaki lemas duluan guys..

Pelataran Candi Prambanan

Pelataran Candi Prambanan
Dipintu masuk kita ketemu sama Peta Taman Wisata Candi Prambanan, Foto lagi..

Peta Taman Wisata Candi Prambanan
Peta Taman Wisata Candi Prambanan
Percayalah siapapun pasti merasa hal yang sama kecuali anak-anak yang seperti gak ada capeknya. Jalan naik dan turun dari satu candi ke candi lain, di tengah panas teriknya matahari memang luar biasa rasanya, mana haus gak ada ojek ya kan.. Foto lagi aja udah..

Candi Apit
Candi Apit
Candi Brahma
Candi Brahma
Candi Prambanan

Lorong Candi Prambanan
Lorong Candi Prambanan
Tapi demi semangatin mama dan agung untuk terus jalan di salah satu warisan dunia yang masuk dalam daftar UNESCO dan di tengah panas matahari yang nyengat ke kulit dengan terpaksa tunjukin senyum manis. Van yang masih gak ada kapok sama panas ditanya, capek van? ngak mi. Lanjut lagi? lanjut.

Dan tiba kita mau jalan keliatan nineboat. Ngerasa pengen nawarin van main tapi dia selalu takut jatuh dengan apapun. Dengan segala bujuk rayu di keluarin supaya dia mau belajar main, biar masa kecilnya indah, sambil mami dan amahnya biar bisa leha-leha duduk bentar, dan si agung pegi beli minum di sekitar.

Dengan takut-takut, tapi si mas nineboat ngeyakini di ajarin sampe bisa kok nik. Akhirnya dia naik sambil di ajarin sebentar. Begitu bentar di lepas aja udah pinter dia, dan berlanjut dengan si papi yang penasaran dan si agung yang udah balik juga mikir-mikir akhirnya main. Ngakak sengakaknya waktu ngeliat mereka baru mau main karena lucu kaku gimana gitu..


Agung Main NineBoat
Agung Main Nineboat
Bertiga main gak tau panas gak tau ujan kaya jaman masih kecil tapi aku bangga sama mereka, walau suaraku ketawa paling nyaring, tapi mereka ini kebanggaanku. Si van yang paling jago main dari semuanya, sanggupnya dia ngejar si papi kemana-mana, dan ketika semuanya udah nyerah van masih mau main, sampe si mas kapok sendiri udah nik, om nya mau sholat dulu *manyun dah anak gw wkwkwkwk...*
Penampakan Candi Prambanan dari NineBoat Area
Penampakan Candi Prambanan dari NineBoat Area
Selesai dari nineboat, kami melanjutkan perjalanan karena masih ada candi sewu yang belum kami datangi dan masih berada dalam satu lokasi dengan candi prambanan. Jalan gak terlalu jauh kami ketemu sama kereta mini dan sepeda serta buggy golf. Harga sewa sepeda single Rp. 10.000,- sepeda gandeng Rp. 20.000,-, buggy golf Rp. 200.000,- dan kereta mini perorang Rp. 10.000,-

Numpang Foto di Buggy Golf
Numpang Foto di Buggy Golf
Niat pengen naik buggy golf tapi ingat harganya, langsung gak pengen naik. Coret jauh-jauh, mahal bener, numpang foto aja biar gratissss.. Dan kami memang manusia penuh dengan ide yang fantastis. Naik kereta mini mah gak mau, maunya naik sepeda aja. Gak sadar badan gak sadar usia gak sadar semua pokoknya. Yes semua semangat ayo sewa sepeda.

Sepeda Gandeng Candi Prambanan
Sepeda Gandeng Candi Prambanan

Sepeda Gandeng Candi Prambanan
Sepeda Gandeng Candi Prambanan
Gw dan mama satu sepeda gandeng, si papi dan Van satu sepeda gandeng juga coy.. Si van mah semua mau, dan bawa dia jalan kali ini, dia bisa mengikuti apa yang kami lakukan *kok berasa dia cepet bener besarnya ya.. sedihhh* dan si agung pakai sepeda single sendirian. Jadilah kita semangat nih *percayalah cuma diawal doank*, setelah bayar Rp. 50.000,- kami pun memulai perjalanan berkeliling sepeda di Candi Prambanan menuju ke Candi Sewu yang konon katanya 1000 Candi dikurang 1 alias 999.

Jalan oh jalan setelah lama gak pernah naik sepeda dan mendayung sepeda di sana betisku mulai pegel bin cenut. Mama jangan goyang ya.. Gak usah dayung juga gak apa, ini anak baik berusaha dayung dengan setengah napas dan setengah tenaga, akhirnya amsiong.. Ditengah jalan berhenti ngos-ngosan, mau nyerah tapi candi sewu aja belum sampe. Dimana candi sewu? Keliatan candi sewu ada panah ke sebelah kiri menurut plang jalan, yes udah mau sampe. Semangat lagi. Ayo ayo si papi udah selipin juga, dan berjalan belok tapi ternyata masih jauh, lemas selemasnya sambil terus berusaha mengayuh sepeda, sampai juga di candi sewu yang bersebrangan dengan museum. Berteduh dan gak mampu berjalan lebih lagi, menyerah dan melambaikan tangan ke kamera. *tolong kamera bawa sini*
Pelataran Candi Sewu
Pelataran Candi Sewu



Duduk ngeleha sambil minum bekal air sisa dari yang dibeli agung, si papi dan van masuk ke candi sewu, aku sama mama mah udah gak mau. Udah nyerah senyerahnya pemirsah, dan tibanya mereka keluar kami masih harus naik sepeda dan kembali ke tempat balikin sepeda. Omoo.. jalan baliknya muter pula, udah derita banget, si Van tanya mami capek ya? Pengen banget jawab bukan capek lagi, pengen tinggalin tuh sepeda pulang aja udahhhhh... *kesel sendiri sampe pengen gigit sandal*

Setelah bersusah payah dari Candi Sewu kembali ke tempat pengembalian sepeda, fiuhhh... *kuras keringat* lelah.., jalan lagi dan ketemu spot foto yang lagi ngetrend dan ngehits di instagram. Si Van yang suka berpose, langsung naik waktu nampak rumah pohon, begitu naik bertengger deh di atas *eh..* jeprat jepret dulu..
Rumah Pohon Candi Prambanan
Rumah Pohon Candi Prambanan
Sebelahan sama rumah pohon jeprat jepret lagi dan kali ini berbayar. Jadi buat naik dan foto doank berbayar Rp. 20.000,- dan nanti kalo foto itu mau di ambil perlembarnya berbayar Rp. 5.000,- (lagi) tapi gak apa lah, yang penting Van bahagia, liburannya lancar dan itu juga bagian dari membantu melestarikan candi dan menjadi lapangan pekerjaan bagi banyak orang. *cieleee kedengarannya kok jadi gimana gitu gw wkwkwk..

Keranjang Gantung Candi Prambanan
Keranjang Gantung Candi Prambanan

Keranjang Gantung Candi Prambanan
Keranjang Gantung Candi Prambanan
Sebelah lagi ada juga tuh foto yang pakai sepeda di tali gitu, dan si Van juga di foto disana. Dia awalnya takut, tapi karena mami nya selalu bilang gak apa, tenang aja, dia sedikit maksain diri buat naik, di ikat badannya menggunakan tali pengaman, dan kemudian naik sepedanya, dan si sepeda di tarik oleh mbak-mbak bertugas ke tengah.

Sepeda Langit Candi Prambanan
Sepeda Langit Candi Prambanan
Sepeda Langit Candi Prambanan
Sepeda Langit Candi Prambanan
Nah disini waktu di suruh pose udah kaku banget, gak brani goyang gak berani apapun dan gak sampe 2 menit anak mami nangis bombay huhuhuhu beneren takut kayanya, cepet-cepet di tarik balik sama si om yang masangin tali, langsung lari ke mami minta pelukkk *Uhhhhhh kasian.. Anak mami sayangggg ketakutan cup cup cup...*

Sepeda Langit Candi Prambanan
Sepeda Langit Candi Prambanan
Sepeda Langit Candi Prambanan
Sepeda Langit Candi Prambanan
Selesai menenangkan anakku tercinta, bergerak cepat untuk ngambil foto dan kita ngelewati bioskop mini 4d gitu. Nah si papi dan van yang gak pernah nonton gitu langsung excited semangat 45 buat nonton. Nonton dengan harga 30ribu pertiket, dan cuma gw, papi dan van  yang nonton. Si mama gak mau ikutan, dan kita milih buat nonton yang "Eagles Roller Coaster", dikasih kacamata yang udah miring sebelah, mataku berasa naik turun waktu pakainya. Nonton beberapa menit bukan terasa ngeri tapi pusing karena kursinya terlalu di guncang.

Keluar dari sana kita menuju pintu keluar karena perut sudah mulai memanggil untuk di isi. Hahahha.. Sempat mampir di pintu keluar buat beli baju prambanan untuk oleh-oleh dan gantungan kunci beberapa pcs. Harganya juga murah meriah kok.

Dari sini cuz langsung keluar, parkir di prambanan Rp. 15.000,- untuk mobil dihari guys, dan kita langsung cari makan.

Parkir Candi Prambanan
Parkir Candi Prambanan
Sebenarnya itinerary kami pun tempat makannya beda, namun karena banyak yang ternyata gak buka, maupun udah beneren tutup, akhirnya kita meluncur ke warung 52 untuk makan. Menjual makanan khas pontianak, *tidak halal* kami makan disini dengan menu babi panggang, dan lain sebagainya. Makanannya cukup enak sih, namun agak jauh, untung ada GPS si penyelamat perjalanan ini. Total membesarkan perut disini Rp. 220.000,-


Makan di Warung 52 Jogja
Makan di Warung 52 Jogja
Dari Warung 52 kami mengingat satu kuliner wajib yaitu Bakso Klenger Ratu Sari yang udah terkenal. Walau perut kenyang namun tak boleh menyerah sebelum makan bakso. Sampai di bakso klenger semua udah nyerah untuk makan, sisa gw sendiri yang pokoknya masih mau makan, mau cicip, dikit juga gak apa pokoknya gw makan.

Semua juga turun, dan akhirnya pada mesen minum doank tapi napa sih ngomong udah kenyang mesen minumnya ukuran klenger semua. Alay lebay dehh... Selesai makan disini menghabiskan gak banyak, dan udah buat gw beneren gak bisa jalan, belum makan galak habis makan bodoh. ckckck.. total membesarkan perut di sini Rp. 72.000,-


Bakso Klenger Ratu Sari Jogja
Bakso Klenger Ratu Sari Jogja
Penampakan Bakso Klenger 250Gr
Penampakan Bakso Klenger 250Gr
Bakso Klenger Ratu Sari Jogja
Bakso Klenger Ratu Sari Jogja
Es Cincau Selasih Bakso Klenger Jogja
Es Cincau Selasih Bakso Klenger Jogja
Es Timun Serut Bakso Klenger Jogja
Es Timun Serut Bakso Klenger Jogja


Penampakan bakso yang tersedia di Bakso Klenger Ratu Sari:


Urusan candi prambanan dan makan udah sampe kekenyangan kelar, mobil kembali mengisi macetnya jalan. Luar biasa jalan di jogja macet dimana-mana terjadi, dan sambil mengarah ke arah magelang, sembari nyari toko jual payung (gegara lupa bawa payung dari Surabaya), beli payung gak lupa beli pompa air untuk air galon yang udah di bawa dari Surabaya, demi irit selama di perjalanan. Total biaya beli payung yang cantik dan bagus gak mau pake mahal juga Rp. 42.000,- beli pompa air ada 2 jenis, yang satu mesti pompa sendiri harga Rp. 25.000,- dan satu lagi tinggal pencet airnya naik ke atas katanya, harganya Rp. 60.000,- dan tentunya gw milih yang pompa sendiri harga Rp. 25.000,- gak susah tinggal mencet-mencet doank sayang duit selisihnya jauh (pelit)

Selesai semua, perjalanan di Magelang dilanjutkan karena sore telah tiba, sudah jam 4 lewat juga. Selama diperjalanan yang hujan, kita semua tidur kecuali si papi sama agung berdua. Udah gak kuat cong.. capekkk... hahaha.. Tiba di Magelang jam 7 lewat, kami sampai di homestay kami yang benar-benar homestay malam ini. Lotus 2 homestay tempat kami melewati malam terasa sangat sederhana dengan si Bapak yang benar-benar ramah. Ntahlah itu bapak pemiliknya atau bukan tapi si Bapak bantuin angkat barang sampe kamar, dan dengan kesopanan serta bahasa jawa yang terkenal halus dan kental beliau nanya ke kami, mau minum apa? Kopi atau teh? si papi pecinta kopi langsung dipesankan kopi sebagai minuman penyambutnya, dan karena keramahan ini si papi pun langsung jatuh cinta.
Lotus 2 Homestay Magelang
Lotus 2 Homestay Magelang
Masuk ke kamar, disini kita ngambilnya family room dimana ada 2 kasur besar, yang muat untuk kami meluruskan punggung. Meluruskan punggung dikasur, si van yang ngeliat maminya udah teler ikut-ikutan ganti baju dan cuci kaki tangan langsung naik kasur dan menghilang ke alam mimpi.


Di jam 9 malam, si papi ribut laper. Katanya pengen makan. Ayolah kita cari makan. Bertiga bareng agung naik mobil keluar, dan jalan gak jauh mobil kami di pepet oleh motor dengan pengendaranya bapak-bapak yang sepertinya adalah ojek disini. Kami buka kaca dan bapaknya nanya, cari guesthouse? homestay? Kami jawab ngak pak, cuma lihat jalan ke Punthuk Setumbu, dengan sopan bapaknya kasih tau bla bla bla dan ngacir setelah gak lupa kami ucapkan terimakasih.

Jalan gak jauh lagi-lagi kami di pepet oleh bapak-bapak pengendara motor yang bertanya apa yang kami cari, kembali kami menjawab hanya melihat jalan menuju ke Punthuk Setumbu namun kali ini si Bapak ngotot meminta kami berhenti, setelah berhenti sang bapak ngotot untuk mengantarkan kami malam itu juga ke Punthuk Setumbu, berkelit bahwa orang dari Lotus 2 Homestay akan mengantarkan kami, si Bapak mengira kami mengambil paket perjalanan dan ngotot mengatakan mahal, kemudian kami nyatakan kami tidak mengambil paket seperti itu, kami hanya akan di temani oleh Lotus 2 Homestay staff kelit kami, namun si Bapak berkeras mengatakan bahwa kami wajib memberikan jasa, sedangkan jika beliau mengantar kami, cukup dengan Rp. 50.000,- yang tidak membuat kenyang perut (katanya).

Semakin si bapak ngotot semakin kami berdebat dan menolak dengan keukeuh. Akhirnya si bapak menyerah, dan kami melanjutkan mencari makanan, berputar-putar lagi, eh kembali lagi di pepet sama si bapak yang ngeyel dan maksa. Kali ini cukup dengan harga Rp. 30.000,- namun kami tetap fixed tidak mau, dan begitu si bapak pergi, kami memilih kembali ke homestay dan makan di warung kecil sebrang homestay saja. Bertiga memesan 2 piring nasi goreng, dan minum kami menghabiskan Rp. 38.000,-(jujur saja pengalaman ini cukup membuat kami merasa tidak nyaman).

0 comments:

Posting Komentar