Rabu, 26 Desember 2018

Rawon Nguling Rawon Legendaris

Dalam perjalanan ke Bali, tentunya kami yang berjalan darat pasti melewati Rawon Nguling. Rawon  di Pasuruan Jawa Timur ini ada sejak tahun 1950-an, setengah abad lebih gile.. Rawon yang satu ini memang terkenal kelezatannya hingga kabarnya banyak para pejabat dan petinggi yang senang makan di Rawon ini karena rasanya yang memang legendaris.

Di dinding dari Depot (istilah tempat makan di Pulau Jawa) pun tertera banyak foto dimana salah satu Presiden Indonesia pernah mengunjungi Depot Rawon Nguling dan makan. Tak lain tak bukan Pak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang datang makan kesini (menurut gambar yang ada, karena saya tidak ada disana kala itu :p).

Lah iya kan jujur toh.., Kalo ngak ntar dibilang no pic hoax nah loh.. Bisa kena UU ITE repot jadinya.

Balik ke pembahasan, si papi yang berasal dari Ujung Pulau Sumatra, bener-bener gak cocok sama yang namanya RAWON. Pokoknya kalo ngomong makan Rawon dia udah ngak deh, ngak deh makan aja sendiri biar di temeni gak apa, yang penting dia nya gak makan, berbanding terbalik banget sama gw yang juga berasal dari kota yang sama namun memiliki lidah yang doyan mencicipi kuliner dimanapun gw berada sampai-sampai gw bisa jatuh cinta berat sama masakan satu ini.


Alhasil gw teringat sama Pak Yanto, supir yang dulu pertama sekali bawa gw mengenal Rawon Nguling ini. Pak Yanto pernah ngomong bahwa selain nasi Rawon, di Depot Rawon Nguling ini nasi sopnya juga enak. Jadi gw bilang ke si papi, pi disitu nasi supnya juga enak loh kata Pak Yanto. Sedikit bujuk rayu, saking melas pengen makan rawon tapi gak kuat kalo mesti makan sendiri sedangkan si papi liatin doank akhirnya papi bilang oke nyoba makan nasi sop. Horeeee~~~ mari ber-rawon riaaa...

Kita tiba di sini sekitar jam 7 malam, dan gw sama mama pesennya 2 nasi rawon, si Vanda separuh porsi nasi rawon, sedangkan si papi pesen nasi sup, dan agung mesennya nasi rawon tapi di pisah. Karena tiba disini malam, gw yang doyan sama limpa goreng disini gak kebagian :( abis kata bapaknya yang jual *sedih*, makan dan minum hingga kenyang, dan bersyukur banget si papi ternyata cocok sama nasi sopnya walau daging sapi.

Nasi Rawon Nguling
Nasi Rawon Nguling
Sedikit pengalaman gw makan rawon, gw selalu minta kecambahnya banyak, karena bagi gw, rasa rawon yang kental dengan aroma khasnya, dipadukan dengan kecambah plus cabe itu sangat menggugah selera. Biasanya gw kalo makan dimanapun selalu nyari kerupuk, tapi tiba gw makan rawon gw gak inget kerupuk, ingetnya ke tempe, perkedel, limpa dan empal. Total kami makan disini menghabiskan Rp. 217.000,- tapi rasanya maknyus warbyasahhh...


Note: Bagi siapapun yang baru akan mulai mencicipi rasa rawon, baiknya memang dipesan terpisah, karena banyak yang terbiasa makan dengan nasi yang langsung di siram kuah. Selamat menikmati.. 

0 comments:

Posting Komentar